Selasa, 08 Mei 2012

Jaring Capres, Demokrat Gelar Konvensi

Seputardepok_ KOMPAS.com - Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Ahmad Mubarok, mengatakan, Partai Demokrat (PD) akan menggelar konvensi untuk menentukan calon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2014. Konvensi nantinya, kata Mubarok, bersifat terbuka.
Bisa jadi yang diusung belum tentu dari Demokrat, tapi dari luar.
"Jadi siapapun yang merasa layak boleh daftar. Bisa jadi yang diusung belum tentu dari Demokrat, tapi dari luar," kata Mubarok ketika dihubungi, Selasa (8/5/2012).
Mubarok menjelaskan, nantinya PD akan melakukan verifikasi persyaratan seluruh pendaftar. Setelah itu, lanjut dia, akan dilakukan jajak pendapat di publik untuk mengetahui elektabilitas calon. Hingga saat ini, katanya, belum ada pembicaraan mengenai siapa calon yang layak dari internal.
"Survei ke seluruh rakyat karena ini kan adalah presiden rakyat jadi terbuka ke semua," kata Mubarok.
Calon dengan elektabilitas paling tinggi yang akan diusung? "Ya," jawabnya.
Sebelumnya, ada desakan dari internal Demokrat untuk mengusung tokoh dari eksternal, yakni Jusuf Kalla, politisi senior Partai Golkar. Wakil Ketua Umum PD Max Sopacua menilai JK memiliki tingkat dukungan yang tinggi lantaran jabatannya yang kini dipegang yakni Ketua Umum PMI dan Dewan Masjid Indonesia.
Sebaliknya, politisi PD lainnya, Ruhut Sitompul, menilai, masih banyak kader internal yang layak diusung sebagai capres. Nantinya, menurut Ruhut, majelis tinggi PD yang akan menentukan siapa yang bakal maju dalam pilpres.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More