Senin, 14 Mei 2012

MURI Siap Beri Penghargaan kepada Chris John

Seputar Depok,Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) siap memberikan penghargaan kepada pemegang gelar super champion kelas bulu WBA Chris John. Pasalnya, "The Dragon" mampu mempertahankan gelar juara dunia sebanyak 16 kali tanpa putus.

Senior Manager Muri Paulus Pangka di Semarang, Senin (14/5/2012), mengatakan, MURI siap mencatatkan rekor prestasi Chris John itu karena dinilai luar biasa. Menurut dia, ada beberapa rekor yang bisa diberikan kepada Chris John, seperti pemegang rekor sebagai pemenang kejuaraan terbanyak dan terlama, yaitu 16 kali menang dalam sembilan tahun berturut-turut serta rekor menang KO terbanyak.

Chris John sekarang ini memiliki rekor bertarung 47 kali menang (22 di antaranya dengan KO) dan dua kali seri. Bahkan dia sudah memegang gelar juara dunia selama sembilan tahun sejak merebutnya dari tangan petinju Kolombia Oscar Leon melalui pertarungan ad-interim di Bali, 26 September 2003.

Pertarungan terakhir yang dijalani petinju asal Kabupaten Banjarnegara, Jateng, tersebut saat menang dengan angka mutlak atas petinju Jepang Shoji Kimora di Marina Bay Sands Singapura, 5 Mei 2012.

Paulus menambahkan, dalam memberikan penghargaan, MURI mempunyai empat kriteria yaitu, paling, pertama, unik, dan langka. Pemberian gelar kepada Chris John masuk dalam kriteria paling dan pertama.

Meskipun MURI siap mencatatkan rekor kepada Chris John, katanya, semua tetap tergantung pada pribadi masing-masing orang, apakah bersedia atau tidak untuk diberikan rekor. Dalam hal ini, MURI tidak akan memaksa.

"Tetapi secara garis besar kami tidak masalah, jika Chris John bersedia diberi rekor, kami juga siap memberikan penghargaan karena dia memang layak. Semua tergantung Chris John," katanya.

Menurut Paulus, MURI tidak sembarangan dalam memberikan rekor. Semua diteliti secara seksama oleh tim khusus meskipun jumlah peserta yang mendaftarkan diri untuk memecahkan rekor terbilang sangat banyak setiap harinya, minimal 10 pendaftar.

Sementara itu Chris John yang dihubungi secara terpisah mengatakan, dirinya merasa senang dan bangga jika memang MURI akan memberikan penghargaan kepada dirinya.

"Ini berarti prestasi saya diakui, apalagi MURI merupakan lembaga bergengsi di Indonesia. Kalau di luar negeri ada Guinness World Record," katanya.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More