Rabu, 30 Mei 2012

Mudahnya Bikin Plat Nomor TNI di Tukang Pinggir Jalan

Seputar Depok,Jakarta Tak usah heran melihat-lihat mobil mewah dengan plat nomor TNI berseliweran di jalanan Jakarta, karena plat nomor palsu berbagai model sangat mudah dipesan, bahkan di pinggir jalan. Penelusuran detikcom di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, terdapat puluhan kios yang siap menyelesaikan apapun pesanan plat nomor Anda, dari plat nomor untuk kendaraan milik pribadi hingga kendaraan dinas. 

Salah satu kios yang disambangi detikcom, dimiliki oleh Agan (bukan nama sebenarnya, red). Agan mengaku sudah melakukan usaha pembuatan plat nomor di lokasi tersebut semenjak 7 tahun yang lalu. Di dalam kios milik Agan yang berukuran 4x4 meter itu, detikcom melihat puluhan plat nomor yang sudah jadi maupun masih dalam proses pengerjaan. Di antara puluhan plat nomor tersebut terdapat sekitar belasan plat nomor dinas TNI dan polisi. 

Agan mengakui, banyak di antara pejabat TNI yang datang untuk memesan plat nomor dengan berbagai model dan dari berbagai kesatuan. Menurutnya, kebanyakan yang memesan plat nomor dinas tersebut adalah perwira menengah, meski terkadang ada perwira tinggi yang juga memesan plat nomor dinas di tempatnya. 

"Yang order itu, untuk perwira menengah dan perwira tinggi. Tapi yang datang ke sini paling hanya ajudan atau supirnya saja, tidak pernah si pejabatnya langsung," ujar Agan, saat ditemui di kiosnya di bilangan Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Rabu (30/5/2012). 

Agan tak pernah mencari tahu apakah sang pemesan plat nomor dinas itu benar-benar dari instansi pemerintah, TNI atau Polri. Dia juga terkadang tidak mengetahui identitas dari pemesan. Baginya, datangnya order menbuat plat nomor kendaraan adalah berkah yang membuat asap dapurnya terus mengepul.

"Nggak tahu, saya tidak pernah bertanya-tanya lebih jauh," jelasnya.

Selain menerima pesanan plat nomor dinas TNI, kios milik Agan juga menerima pesanan untuk plat nomor mobil pribadi. Ia juga menerima pesanan pembuatan nomor rumah, juga papan nama, yang kesemuanya ia kerjakan sendiri sesuai dengan pesanan. 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More