Senin, 14 Mei 2012

Profesi Guru Makin Diminati Kaum Muda

Kompas.com - Profesi guru semakin diminati kaum muda seiring dengan meningkatnya kesejahteraan para guru dalam beberapa tahun terakhir. Fakultas ilmu keguruan di sejumlah universitas pun menjadi favorit calon mahasiswa.

Peluang dan kesempatan untuk mengembangkan diri pun semakin terbuka bagi guru seiring dengan tingginya perhatian pemerintah terhadap dunia pendidikan. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara memberikan alokasi tertinggi bagi dunia pendidikan, diantaranya digunakan untuk kesejahteraan guru dan memperbaiki infrastruktur.
   
"Sungguh berbeda dengan era saya dulu karena sempat malu mengambil jurusan menjadi guru," ujar Sri Kusnirawati, kepala SD 191 Palembang yang juga lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan Unsri tahun 1990 ini.

Ia juga menilai banyaknya jumlah kursi yang tersedia pada setiap tes calon pegawai negeri sipil ikut menjadi daya tarik tersendiri.

Sejak tahun 2007 lalu, Sri telah menyandang guru bersertifikat sehingga layak mendapatkan uang sertifikasi. Menurutnya, keberadaan sertifikasi itu turut dalam memopulerkan profesi guru di kalangan masyarakat mengingat berpengaruh cukup besar pada kesejahteraan.

Apalagi, sertifikasi itu terbuka pada guru sekolah manapun, baik swasta maupun negeri.
   
"Guru mendapatkan tambahan uang yang sama persis dengan gaji pokok pada setiap bulannya bagi yang lulus sertifikasi. Meski ada tanggung jawab yang besar dibalik itu tapi setidaknya kesejahteraan guru sudah jauh berubah berkat adanya program itu," ujar guru kelahiran Palembang, 24 November 1960 ini.
   
Sri memulai menjadi guru pada tahun 1983 setelah menamatkan pendidikan pada sekolah pendidikan guru. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan pada jenjang S-1 dan meraih gelar sarjana pendidikan pada tahun 1990.
   
"Saya sebenarnya tidak menyangka akhirnya guru menjadi profesi yang sangat dihargai saat ini. Jika melihat sebelumnya rasanya guru sungguh jauh dari sejahtera, banyak yang mengisahkan itu," katanya.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More