Jumat, 30 Maret 2012

SBY Pantau Paripurna DPR dari Istana

Seputardepok-Luhur Hertanto - detikNews  Perkembangan situasi keamanan dan politik menjelang rapat paripurna DPR untuk memutuskan kenaikan BBM sepanjang tadi malam cukup mendebarkan. Presiden SBY memantau perkembangan lebih lanjut hari ini dari Kantor Presiden.

"Presiden sudah sejak pukul 06.00 WIB tadi berada di kantor," kata Jubir Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha, Jumat (30/3/2012).

Dia membenarkan bahwa semula Presiden SBY merencanakan hari menjalankan semua aktivitas dari kediaman pribadi di Cikeas, Bogor. Termasuk memantau jalannya rapat paripurna DPR mengenai kenaikan BBM.

Namun dinamika politik menjelang rapat paripurna DPR berubah dan ditambah aksi unjuk rasa anarki di beberapa tempat. Merujuk apa yang berlangsung sepanjang tadi malam, rencana beraktivitas dipindahkan lokasinya ke Kantor Presiden.

"Sehingga nanti akan lebih cepat bila harus memanggil para menteri terkait. Seperti Menkeu, Menteri ESDM dan Menko Perekonomian," jelas Julian.

Lebih lanjut Julian menegaskan, bahwa rapat paripurna DPR tak sebatas urusan kenaikan BBM. Bila terjadi voting, juga bukan sebatas untuk menyatakan setuju atau tidak terhadap pencabutan ayat 6 pasal 7 dalam UU APBNP 2012 yang melarang pemerintah menaikkan harga BBM tahun ini.

"Konteks besarnya RAPBNP 2012 dapat disahkan sebagai APBNP 2012 agar pemerintah bisa cepat melakukan adjustmen program kerja menanggapi situasi ekonomi global," papar Julian.

"Itu tidak sebatas masalah subsidi BBM, tapi jauh lebih luas lagi," sambungnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More