Selasa, 27 Maret 2012

30 Ribu Aparat Gabungan TNI/Polri Amankan Demo Kenaikan BBM E Mei Amelia R - detikNews

SuputarDepok-Jakarta Hari ini, sejumlah titik di kawasan Jakarta dan sekitarnya akan dipadati massa pendemo. Sedikitnya 30 ribu aparat gabungan TNI/Polri disiagakan untuk mengamankan aksi demo menolak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) ini.

"Pelibatan TNI di sini sifatnya untuk mem-back up saja. Semua kendali ada di bawah kepolisian," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto kepada detikcom, Selasa (27/3/2012).

Kepolisian Daerah Metro Jaya menerjunkan 22 ribu personel. Sementara TNI mengerahkan sedikitnya 8 ribu personel. Para petugas tersebar di sejumlah lokasi yang menjadi pusat konsentrasi massa seperti Istana Merdeka, gedung DPR, kantor pemerintahan dan Bundaran Hotel Indonesia (HI).

"TNI disiagakan di objek vital seperti istana dan gedung DPR serta kantor Pertamina," imbuhnya.

Kepolisian Daerah Metro Jaya memperkirakan, jumlah massa yang akan turun ke jalan sekitar 8 ribu orang. Para pendemo terdiri dari berbagai elemen seperti mahasiswa, buruh dan Lembaga Swadaya Masyarkat (LSM) serta aktivis.

Berdasarkan catatan Direktorat Intelkam Polda Metro Jaya, KSPSI akan mendatangkan 3 ribu orang untuk berdemo di ke HI. Sementara PDIP akan mengerahkan massa sebanyak 1.000 orang dengan titik tolak di Jalan Diponegoro.

Sebanyak 3 ribu orang dari KSPI diperkirakan akan memadati kawasan Istana Merdeka. Sementara 50 orang dari Gerakan Rakyat Duduki Cikeas akan berdemo di kediaman SBY di Cikeas.

"Estimasi keseluruhan sekitar 8000-an," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More