Rabu, 21 Maret 2012

Hatta Lebih Suka Kereta Supercepat Surabaya "Saya kira kalau kereta api super cepat Jakarta-Bandung baru duduk nanti sudah sampai."

KARGO.NEWS

VIVAnews - Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, memilih pengembangan kereta api supercepat Jakarta-Surabaya dibandingkan kereta api supercepat Jakarta-Bandung. Pengembangan kereta api Jakarta-Surabaya itu dianggap lebih memberikan keuntungan secara ekonomi.

"Saya kira kalau kereta api supercepat Jakarta-Bandung, baru duduk nanti sudah sampai. Yang saya minta diseriusin itu Jakarta-Surabaya dengan beberapa pemberhentian, itu akan sangat menolong," kata Hatta di Jakarta, Rabu 21 Maret 2012.

Hatta menjelaskan, Indonesia sebetulnya tidak harus bergantung pada teknologi Jepang dalam pengembangan kereta supercepat. Saat ini, negara-negara seperti Korea, Jerman, dan Prancis dianggap telah banyak mengembangkan teknologi kereta supercepat.
"Semua itu sudah jago-jago di kereta api," katanya.

Terkait pengembangan rel ganda (double track) yang akan dikembangkan untuk rute Jakarta-Surabaya, pemerintah masih optimistis bisa diselesaikan pada akhir 2013. Rel ganda itu nantinya akan memprioritaskan pengangkutan kereta barang.

"Kalau double track selesai, maka kereta barang yang akan diutamakan," kata Hatta.
Sebelumnya, Kementerian Infrastruktur dan Transportasi Jepang menunjuk Japan Railway Technical Service sebagai rekanan dari Yachiyo Engineering Co. Ltd, sebagai penggarap studi pembangunan kereta supercepat Jakarta-Bandung. Ini merupakan tindak lanjut kerja sama pemerintah Indonesia-Jepang dalam pembangunan infrastruktur nasional.

Dalam studi itu, Jakarta-Bandung bisa ditempuh hanya dalam 45 menit. Jauh lebih cepat dengan kereta saat ini yang memakan waktu 3 jam. Agar mempersingkat waktu perjalanan, kereta supercepat itu harus berjalan di atas kecepatan 200 kilometer per jam.
Proyek yang akan digarap bersama Kementerian Perhubungan itu diperkirakan menelan anggaran Rp56,1 triliun dengan panjang rel 144 kilometer. (art)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More