Rabu, 11 April 2012

Theo Sambuaga: Golkar Buka Peluang Capres Selain Ical


seputardepok--Jakarta Meski mendapat dukungan dari 27 pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Aburizal Bakrie belum seratus persen akan terpilih menjadi calon presiden dari Partai Golkar. Penentuan capres akan dilakukan melalui rapat pimpinan nasional khusus (Rapimnassus) awal Juli 2012 mendatang.

"Siapapun yang ingin maju silakan, jadi tidak hanya satu calon. Tetapi faktanya sebagian besar (pengurus DPD) menginginkan Pak Ical menjadi capres," ujar Wakil Ketum Golkar Theo L Sambuaga saat dihubungi detikcom, Selasa (10/4/2012) malam.

Dia menjelaskan, penentuan capres yang dibahas dalam Rapimnassus akan lebih dulu mendengarkan usulan dari 33 DPD tingkat I termasuk 10 ormas Golkar sebagai pemilik suara. Sementara pengurus DPD tingkat II hanya sebagai peninjau rapat.

"Peserta dari DPD bebas mengajukan nama. Kalau bulat seluruhnya mengajukan Ical itu bisa musyawarah mufakat, tapi tidak tertutup kemungkinan ada calon lain dan itu bisa dengan mekanisme voting," terangnya.

Sebelumnya Wakil Sekjen Golkar Nurul Arifin mengatakan percepatan Rapimnassus dilakukan menyusul desakan 27 DPD yang menginginkan agar Ical segera dikukuhkan sebagai capres. Percepatan juga untuk menghindari adanya elite selain Ical yang berambisi menjadi capres dari Partai Golkar.

"Dipercepat karena supaya tidak ada dualisme. DPD tidak terkontaminasi iming-iming kandidat lain dari partai Golkar yang ingin menggunakan partai Golkar," ujar Nurul.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More