Sabtu, 14 April 2012

Siswa Diminta Jangan Percaya Kunci Jawaban Soal UN

seputardepok__ Ujian Nasional (UN) Badan Standar Nasional Pendidikan Aman Wirakartakusumah mengimbau para siswa tidak memercayai kunci jawaban soal yang beredar atau ditawarkan pihak tertentu.

Aman menyatakan, kemungkinan kunci jawaban yang ditawarkan sesuai dengan soal UN sangat kecil. Sampai saat ini tidak ada indikasi adanya kebocoran soal. Apalagi, untuk tahun ini terdapat lima paket soal berbeda yang diujikan dalam UN.

"Soal diawasi sangat ketat sejak dicetak hingga didistribusikan. Untuk pendistribusian dari percetakan ke rayon, kami melibatkan kepolisian. Lalu untuk pengawasan distribusi dari rayon ke subrayon, perguruan tinggi ikut mengawasi," ujar Aman, Jumat kemarin.

"Kami mengimbau agar para siswa tidak memburu kunci jawaban. Lebih baik belajar dengan benar karena belum tentu kunci jawaban yang beredar sesuai dengan soal ujian nasional," tandas Aman.

Menjelang berlangsungnya UN pada Senin (16/4) lusa, sejumlah orangtua murid mengaku anak mereka mendapat tawaran kunci jawaban, termasuk dari guru. Rudy, misalnya, menyatakan adiknya yang bersekolah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 7, Jagakarsa, Jakarta Selatan, diminta guru di sekolah itu untuk membeli kunci jawaban seharga Rp200 ribu.

Soal dugaan jual beli kunci jawaban di MAN 7 Jagakarsa, Direktorat Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama menyatakan pihaknya tengah menelusuri. "Sementara kita berhusnuzan (berprasangka baik) dulu. Saya mengimbau semua pihak proaktif mengamankan UN demi kualitas dan prestasi anak bangsa kita di masa depan," ujar Direktur Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kemenag Dedi Zubaedi.

Secara terpisah, Wakil Kepala MAN 7 Jagakarsa Zubaidah membantah tuduhan tersebut. "Tidak ada laporan seperti itu sampai hari ini (kemarin), baik dari murid maupun pengajar di sini," tegasnya.

Pelaksanaan UN untuk tingkat SMA berlangsung 16-19 April, jenjang SMP 23-26 April, dan tingkat SD 7-9 Mei. Persiapan pun terus dimatangkan di seluruh daerah. (MI/RIZ)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More