Sabtu, 25 Februari 2012

Esemka Tiba di Jakarta


KARGO.NEWS - Mobil Esemka Rajawali yang akan dikirim untuk uji emisi, akhirnya tiba di Jakarta, Sabtu (25/2/2012) sekitar pukul 03.30 WIB. Tidak ada kendala atau hambatan apapun selama perjalanan dari Solo hingga Jakarta.

Sesampai di Jakarta, Esemka dan enam enam mobil pengiringnya beristirahat di Tugu Proklamasi.

Roy Suryo yang selama perjalanan bergantian mengemudi Esemka dengan Wakil Walikota Hadi Rudyatmo, menyatakan puas dan bangga atas ketangguhan mesin dan bodi mobil Esemka.

Dia menegaskan bahwa Esemka pantas disebut tonggak keberhasilan generasi muda dan pantas dijadikan sebagai embrio mobil nasional.

"Saya akui bahwa mesin dan bodinya sangat tangguh. Tidak ada persoalan apapun selama perjalanan meskipun hanya sempat dua kali singgah di Kendal dan Tegal. Memang masih ada kekurangan di beberapa titik, namun dari diketemukannya kekurangan itulah justru kita bisa berbenah untuk menyempurnakannya," ujar Roy.

Diantaranya catatan yang disampaikan Roy adalah, untuk jenis mobil seperti Esemka Rajawali yang digunakan untuk perjalanan luar kota, bisa dipertimbangkan untuk menggunakan kapasitas mesin yang lebih tinggi. Kapasitas 1.500 hanya bisa diperuntukkan mobil dalam kota.

Selain itu Roy juga memberikan catatan tentang konsumsi bahan bakar yang dinilainya masih cukup boros jika mengacu pada konsumsi bahan bakar selama dalam perjalanan yang terhitung 1 liter untuk 8 km. Menurutnya, kedepan hal tersebut bisa dibenahi lagi agar penggunaan bahan bakar bisa lebih irit.

"Tapi selebihnya kita harus mengacukan jempol untuk Esemka ini. Semua catatan saya sudah saya sampaikan kepada tim Esemka yang turut serta dalam rombongan," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Surakarta Hadi Rudyatmo tak kalah gembiranya. Dia mengatakan pihaknya telah memberikan bukti kepada publik, Esemka telah menjawab keraguan beberapa pihak yang mencibir bahwa Esemka. "Buktinya ini bisa sampai Jakarta dengan selamat, tak ada kekurangan apapun," ujar Rudy.

Selanjutnya Rudy mengatakan, uji emisi baru akan dilakukan hari Senin. Agenda hari ini adalah mendatangi undangan ke beberapa kantor media. Selanjutnya Esemka akan diistiratkan sehari. Pada hari Senin, mobil Esemka baru akan dibawa ke Tangerang untuk diuji emisi.

"Pagi ini nanti, Pak Walikota Jokowi akan menyusul ke Jakarta menggunakan pesawat terbang. Mungkin saja nanti kami berdua mengantar uji emisi, atau bisa saja nanti saya kembali ke Solo setelah Pak Walikota tiba di Jakarta,"

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More