Rabu, 09 Mei 2012

Selamat Tinggal "La Furia Roja"

Seputardepok__ kompas.com - Dua tahun lalu, Carles Puyol berniat pensiun dari tim nasional Spanyol. Pilar pertahanan ”La Furia Roja” tersebut ingin menjadikan Piala Dunia Afrika Selatan sebagai akhir manis dalam kariernya di timnas.

Namun, Puyol dibujuk oleh Pelatih Spanyol Vicente del Bosque untuk kembali membela timnas di Piala Eropa 2012. Bek tengah Barcelona itu memenuhi permintaan Del Bosque, tetapi hingga pekan ini Puyol harus mengucapkan selamat tinggal kepada ”La Furia Roja” karena cedera lutut kanan.

Pemain berusia 34 tahun itu harus menjalani operasi lutut kanan pada Sabtu akhir pekan ini. Ia tidak akan tampil di Polandia dan Ukraina karena harus menjalani pemulihan selama enam pekan.

”Ini kerugian besar,” ujar Del Bosque seperti dikutip harian Spanyol, AS, Selasa (8/5).

Barcelona dalam pernyataan persnya menyatakan, Puyol merasa tidak nyaman dengan lutut kanannya setelah Barcelona menundukkan rival sekota, Espanyol, 4-0 dalam Liga Spanyol. Puyol dipastikan tak akan memperkuat Barca dalam laga terakhir La Liga melawan Real Betis dan final Copa del Rey melawan Athletic Bilbao pada 25 Mei.

Dengan masa pemulihan yang mencapai enam minggu itu, bisa dipastikan Puyol tidak akan masuk dalam daftar pemain ”La Furia Roja”. Del Bosque harus menyerahkan daftar akhir 23 pemain yang akan tampil di Piala Eropa 2012 pada 27 Mei.

Puyol merupakan pemain penting yang selalu mengisi skuad Spanyol saat meraih Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010. Puyol bukan hanya disiplin dalam bertahan, melainkan juga menjadi pemecah kebuntuan saat para penyerang kehilangan sentuhan mematikan di depan gawang lawan.

Puyol dengan tinggi 178 sentimeter mampu meloncat tinggi melampau pemain-pemain jangkung. Kelihaiannya itu menjadi ancaman serius saat Spanyol mendapat tendangan pojok.

Di semifinal Piala Dunia 2010, gol sundulan Puyol menghentikan laju Jerman. Pada saat bomber-bomber ”La Furia Roja” terkunci, Puyol memecah kebuntuan dan menjadi pahlawan yang meloloskan Spanyol ke final.

Tanpa Puyol, Del Bosque sepertinya akan memasangkan Sergio Ramos dan Gerard Pique di jantung pertahanan Spanyol.

Spanyol yang berjuang mempertahankan gelar juara Eropa juga menunggu pemulihan penyerang David Villa. Penyerang Barcelona itu cedera tulang kering kiri saat melawan Al Sadd di semifinal Piala Dunia Klub di Jepang, 15 Desember 2011.

Villa yang mencetak 51 gol dalam 82 penampilannya bersama timnas Spanyol itu memaksa Del Bosque menunggu hingga batas akhir menyerahkan daftar pemain.

Pelatih Barcelona Pep Guardiola menyatakan, proses pemulihan Villa sangat baik dan dirinya semakin bugar. ”Semoga dia bisa berangkat ke Piala Eropa,” ujar Guardiola.

Jika Villa tidak bugar, Del Bosque masih memiliki pilihan Fernando Torres yang mulai kembali mencetak gol di Chelsea dan Fernando Llorente yang bersinar di Athletic Bilbao.

(Reuters/AFP/AP/ANG)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More