Kamis, 10 Mei 2012

Satu dari 10 Ribu Kupu-kupu Waria

Seputardepok__VIVAnews - Seandainya kupu-kupu ini memiliki sayap pink dan biru, tentu akan lebih mudah mendeteksi dia memiliki dua kelamin. Pada kondisi normal kupu-kupu Papilio rumanzoviabetina memiliki sayap pink, sedangkan jantan bersayap biru. 
Kupu-kupu banci ini sangat langka. Lahir dengan dua jenis kelamin jantan dan betina. Serangga menakjubkan ini bernama gynandromorph. Sisi pink mewakili sisi jantan dan putih bagian betina.

Fenomena alamiah paling langka. Hanya 0,01 persen kupu-kupu dilahirkan sebagai gynandromorph. Artinya, hanya ada 1 dari 10 ribu. Kondisi ini disebabkan kegagalan pemisahan kromosom seks selama proses pembuahan. 

Binatang ini ditemukan pada Proyek Butterfly World (Dunia Kupu-kupu) di Chiswell Green, Hertfordshire, Inggris. Seorang pelajar yang sedang berdarmawisata melihat sosoknya.

Pemimpin Butterfly World, Louise Hawkins mengatakan, "Saya sangat senang telah menyaksikan fenomena langka ini di Butterfly World, terutama karena terjadi pada awal karir saya."

"Banyak pakar lepidoptera tidak memiliki kesempatan melihat gynandromorph selama karir mereka. Saya merasa sangat beruntung," ujar kepala ahli lepidoptera ini di Butterfly World seperti dilansir dari Dailymail.co.uk.

Sayangnya, kupu-kupu langka ini lahir dengan tanpa belalai yang terbentuk sepenuhnya dan tabung untuk menyerap makanan. Kupu-kupu  ini pun telah mati. Tapi, binatang ini akan diawetkan untuk penelitian lebih lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More