Selasa, 08 Mei 2012

Hemat Listrik, SBY Bisa Tiru Cara Jepang




Seputardepok_Jakarta - Rencana pemerintahan SBY membuat aturan hemat listrik untuk gedung-gedung pemerintahan bisa meniru cara pemerintah Jepang yang juga terus melakukan penghematan. Bagaimana?

Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PAN dan RB) Eko Prasojo kepada detikFinance, Selasa (8/5/2012).

"Cara seperti dilakukan di Jepang adalah mematikan lampu semua gedung pemerintah di malam hari yang tidak dipakai," jelas Eko.

Menurut Eko, penghematan pemakaian listrik yaitu penggunaan lampu dan AS memang harus ditekan secara lebih minimal untuk mengurangi beban keuangan negara tanpa menyebabkan menurunnya kinerja pegawai.

Lalu bagaimana kalau menghemat listrik dengan cara mengharuskan PNS pulang jam 18.00? Eko mengatakan, tidak perlu, yang penting PNS bekerja sesuai dengan kontrak kinerja dan target kerja yang sudah ditentukan.

Pemerintah memang berencana membuat gerakan hemat energi yang merupakan gerakan nasional dan direncanakan mulai berlaku 1 Juni.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More